DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Perkembangan Sektor Industri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Pada Sektor Industri Di Kalimantan Selatan
PENGARANG:DANU AMPARIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-05


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Unit Usaha Industri dan Upah Buruh (sebagai indikator sektor industri) baik secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) pada Sektor Industri Di Provinsi Kalimantan Selatan.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang dikumpulkan dari waktu kewaktu (time series) untuk melihat perkembangannya, selama periode tahun 1998 sampai dengan tahun 2018. Data ini dianalisis menggunakan metode dalam penelitian ini yaitu Analisis Jalur (Path Analysis).

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel unit usaha industri dan upah buruh masing-masing berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Selanjutnya secara langsung variabel unit usaha industri tidak berpengaruh signifikan terhadap PDRB sektor industri sedangkan upah buruh dan penyerapan tenaga kerja masing-masing berpengaruh signifikan terhadap PDRB sektor industri.  Kemudian secara tidak langsung variabel penyerapan tenaga kerja berperan sebagai perantara pengaruh variabel unit usaha industri terhadap PDRB sektor industri sedangkan pada pengaruh variabel upah buruh terhadap PDRB sektor industri, variabel penyerapan tenaga kerja tidak berperan sebagai perantara. Kemudian secara total variabel upah buruh lebih besar pengaruhnya terhadap PDRB sektor industri daripada variabel unit usaha industri.

 

Kata Kunci: Sektor Industri, Upah Buruh, Tenaga Kerja, Produk Domestik Regional Bruto, Analisis Jalur (Path Analysis)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI