DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN MANUSIA,TEMPAT DAN LINGKUNGAN PADA BUKU TEKS SISWA IPS
PENGARANG:ZEFANYA ADELINA H.NABABAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-07


ABSTRAK

Zefanya Adelina H.N.  2020. Studi Literatur Analisis Meteri Pembelajaran Manusia, Tempat, dan Lingkungan Pada Buku Teks Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I:  Dr. Deasy Arisanty, M.Sc. dan Pembimbing II: Heri Susanto, M.Pd.

Materi muatan lokal diperlukan dalam sajian buku teks, yang mana berdasarkan sajian muatan lokal tersebut peserta didik dapat mengenal lingkungan lebih dekat. Buku teks merupakan buku yang dipakai guru dan peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Buku teks digunakan pada pelajaran tertentu yang memiliki standar kualitas pada sajian materi yang terdapat di dalam buku teks tersebut. Buku teks sebagai buku acuan wajib yang dipakai pada satuan pendidikan. Pada buku teks terdapat standar yang di mana bertujuan agar mudah dipahami oleh penggunanya. Materi yang terdapat pada buku teks harus memiliki kesesuaian dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan), KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar).

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis buku teks siswa IPS, yang di tinjau dari KI,dan KD.  Jenis penelitian ini ialah studi literature buku teks siswa IPS dengan tema: 1) Dinamika Kependudukan Indonesia, 2) Kondisi Alam Indonesia, 3)  Perubahan Akibat Interaksi Antarruang, yang menjadi objek analisis peneliti. Peneliti menganalisis dan mendeskripsikan materi yang terdapat di dalam buku teks siswa IPS  berdasarkan hasil yang di dapat oleh peneliti sebagai berikut:

1) Materi yang terdapat pada buku teks siswa mencakup materi yang mudah di pahami oleh peserta didik, 2) Berdasarkan materi yang sudah tersaji guru dapat menambahkan contoh-contoh lokal yang terdapat pada lingkungan peserta didik, 3) Penambahan materi dan contoh-contoh lokal yang guru lakukan akan mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang terdapat pada buku teks tersebut dan pengetahuan peserta didik mengenai lingkungan sekitarnya bertambah, itulah sebabnya materi muatan lokal dan contoh-contohnya penting disampaikan pada saat pembelajaran.

 

Kata kunci: IPS, analisis isi, relevansi buku teks

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI