DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI PRAKTIK BANK MINI SEBAGAI PENDUKUNG PRAKTIK KERJA INDUSTRI (STUDI KASUS SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 3 BANJARMASIN)
PENGARANG:ASNANIAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Kata Kunci: Aspek penilaian, praktik bank mini, Praktik Kerja Industri
Praktik bank mini adalah suatu badan usaha yang dilaksanakan di dalam sekolah yang diharapkan dapat menunjang pembelajaran di sekolah. Praktik bank mini ini di tinjau dari aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap. Kesiapan Praktik Kerja Industri yaitu suatu aktivitas pembelajaran melalui kegiatan langsung di dunia kerja yang bersifat wajib ditempuh bagi siswa SMK selama kurun waktu tertentu dengan kondisi siswa yang telah dipersiapkan pada suatu kegiatan pembelajaran. Persiapan yang diberikan kepada siswa berupa aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh nilai praktik bank sebagai pendukung dalam kesiapan Praktik Kerja Industri.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 146 orang siswa dengan menggunakan sampel jenuh yaitu pada siswa kelas IX Akuntansi SMK Negeri 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumentasi, dan analisis data menggunakan analisis desriptif, regresi, dan relasi sederhana, dilanjutkan dengan uji korelasi parsial.
Hasil penelitian berdasarkan jenis kelamin diperoleh Ry123 = 0,08, hasil korelasi sederhana rxy =0,01 dengan p > 0,05 (tidak signifikan) atau tidak terdapat pengaruh antara nilai praktik bank mini sebagai pendukung Praktik Kerja Industri. Korelasi parsial pada aspek pengetahuan ry1 = -0,03 atau p > 0,05 (tidak signifikan) dengan hasil determinan sebesar 0,09%, aspek keterampilan ry2 = -0,03 atau p > 0,05 (tidak signifikan) dengan hasil determinan 0,09%, dan aspek sikap ry3 = 0,08 atau p > 0,05 (tidak signifikan) dengan hasil determinan sebesar 0,64%. Korelasi murni yang tertinggi terdapat pada aspek sikap (X3). Berdasarkan kesesuaian tempat Praktik Kerja Industri diperoleh Ry123 = 0,61 yaitu terdapat pengaruh dan hubungan yang kuat antara praktik bank mini sebagai pendukung praktik kerja industri. Hasil analisis dari komponen nilai praktik bank mini Ry123 = 0,65, hasil korelasi sederhana rxy =0,61 dengan p < 0,05 (signifikan) atau tidak terdapat pengaruh tetapi memiliki hubungan yang kuat antara nilai praktik bank mini sebagai pendukung Praktik Kerja Industri. Korelasi parsial pada aspek pengetahuan ry1 = 0,05 atau p > 0,05 (tidak signifikan) dengan hasil determinan sebesar 0,25%, aspek keterampilan ry2 = 0,00 atau p > 0,05 (tidak signifikan) dengan hasil determinan 0,00%, dan aspek sikap ry3 = 0,35 atau p > 0,05 (tidak signifikan) dengan hasil determinan sebesar 12,25%. Korelasi murni yang tertinggi terdapat pada aspek sikap (X3).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI