DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kampung Tangguh RT 69 Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD HAIDIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-20


ABSTRAK

Muhammad Haidir, NIM 1710411310023, Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat, Menyusun Skripsi dengan Judul “Partisipasi Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kampung Tangguh RT 69 Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin” Dibawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan.

Salah satu partisipasi masyaraka dalam melakukan pencegahan penyebaran covid-19 adalah dengan membentuk sebuah kawasan lingkungan yang disebut sebagai Kampung Tangguh Banua (KTB). Salah satu Kampung Tangguh Banua di Kota Banjarmasin adalah Kampung Tangguh yang terletak di Kelurahan Sungai Andai tepatnya di jalan Jeruk Purut RT 69. Kelurahan Sungai Andai sendiri merupakan salah satu kelurahan dengan penyebaran kasus Covid-19 nomor dua tertinggi di Kota Banjarmasin, meskipun kelurahan sungai andai merupakan kelurahan dengan penyebaran dengan kasus tertinggi, namun masyarakat RT 69 tidak ada satupun yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Tujuan Penelitian ini adalah ; 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kampung Tangguh RT 69 Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kampung Tangguh RT 69 Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Kelurahan Sungai Andai RT 69 Kota Banjarmasin. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder . dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisa data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat kampung tangguh RT 69 dalam melakukan pencegahan penyebaran covid-19 antara lain dengan melakukan penyemprotan disinfektan sekeliling kampung, melakukan pembagian masker, selalu menghimbau masyarakat untuk selalu mengamalkan protokol kesehatan, melakukan PSBK yang ketat, yang mana hal semacam itu mampu menjaga kampung mereka dari penyebaran covid-19. Masyarakat secara aktif berpartisipasi melalui pikiran, tenaga, barang, dan uang untuk pelaksanaan pencegahan penyebaran covid-19 di kampung tangguh RT 69 Kelurahan Sungai Andai. Faktor Internal yang mempengaruhi partisipasi masyarakat kampung tangguh RT 69 Kelurahan Sungai Andai dalam melakukan pencegahan penyebaran covid-19 adalah karena adanya kesadaran dari masyarakat. Sedangkan faktor eksternalnya adalah adalah karena adanya imbauan dari pemerintah.

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Kampung Tangguh RT 69, Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI