DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA FLASH PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:ERMI AGUSTIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-20


Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran CPS pada siswa berdasarkan aspek kognitif, afektif, psikomotorik, ketrampilan proses sains juga aktivitas guru dan siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Banjarmasin sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk mendapatkan aktivitas guru, siswa, dan ketrampilan p

roses sains. Lembar tes evaluasi untuk mendapatkan data aspek kognitif, efektif, psikomotorik dan ketrampilan proses sains. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini diketahui dengan menerapkan model pembelajaran CPS berbantuan media Flash, pada materi larutan dan hasil kali kelarutan maka terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa, aspek afektif dan psikomotorik, keterampilan proses sains dan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II ditandai dengan: 1) Aktifitas guru mengalami peningkatan dari kategori cukup baik menjadi sangat baik, 2) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik, 3) Keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dari kategori terampil dalam kedua siklus dan hasil tes ketrampilan sains siswa mengalami peningkatan yaitu ketuntasan 57,1% menjadi 80%, 4) Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 62,9% menjadi 80%, 5) Hasil belajar afektif siswa mengalami peningkatan dari kategori kurang baik menjadi baik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI