DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI VARIABEL PERANTARA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | ERLIYANI YULIDA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-05-20 |
ABSTRAK
Yulida, Erliyani. 2021. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru melalui Komunikasi Interpersonal sebagai variabel Perantara terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin.Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D. dan (II) J. Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom., Ph.D.
Kata kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kecerdasan emosional guru, komunikasi interpersonal, kinerja guru
Sebagian besar guru belum membuat perencanaan program pengajaran, masih belum melaporkan jurnal pengajaran, belum mampu membuat laporan evaluasi belajar dan analisis, dan belum mampu mengomunikasikan dengan sesama rekan dan pihak lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru melalui komunikasi interpersonal sebagai variabel perantara terhadap kinerja guru SMP negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganmetode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 223, menggunakan proporsional sampling 143 orang. Data diperoleh dari kuesioner yang telah memenuhi syarat uji validitas dengan korelasi Pearson dan reliabilitas Alpha Cronbach yang diujikan kepada 30 responden serta dari Instrumen Penilaian Kinerja Guru. Pengujian hipotesis dengan Path Analysis dan Sobel test.
Hasil penelitian: (1) terdapat kontribusi langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru terhadap komunikasi interpersonal. (2) terdapat kontribusi langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kecerdasan emosional guru dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, (3) terdapat kontribusi tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui komunikasi interpersonal, (4) tidak terdapat kontribusi tidak langsung kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru melalui komunikasi interpersonal guru SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin.
Disarankan: (1)guru membina hubungan baik dengan kepala sekolah dan rekan kerja, mengikuti pelatihan ESQ, dan aktif mengikuti kegiatan MGMP, (2) kepala sekolah meningkatkan kemampuan pada dimensi idealized influence, intellectual stimulation dan individualized consideration, dan (3) peneliti lain meneliti dengan pendekatan kualitatif dan mengembangkan dengan variabel lain.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI