DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN EKONOMI PADA MEEK FARM (KEBUN DURIAN) BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:SITI HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-21


ABSTRAK

Siti Hasanah. 2020. Kegiatan Ekonomi Pada Meek Farm (Kebun Durian) Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd dan Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

Meek Farm  merupakan agrowisata yang di dalamnya terdapat kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah suatu serangkaian usaha manusia dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan demi keberlangsungan hidup. Kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi pada Meek Farm (kebun durian) di Kota Banjarbaru. 2) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi Meek Farm (kebun durian) sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan kegiatan yang ada di Meek Farm. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan kondisi dan kegiatan di Meek Farm, wawancara dengan pemilik, karyawan, tukang kebun, kepala kelurahan, kantor pariwisata, akademisi seperti guru dan dosen serta dokumentasi dalam bentuk gambar dan rekaman. Analisis data menggunakan Miles Huberman yaitu reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi dengan gambar dan tabel, dan verifikasi data dalam bentuk penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas internal (credibility), validitas eksternal (transferability), reliabilitas (dependability), obyektivitas (comfirmability).

Hasil penelitian: 1) kegiatan ekonomi di Meek Farm merupakan kegiatan mengolah, mengolah buah durian yang tersedia menjadi produk olahan yang bermacam-macam dan bernilai guna yang selanjutnya didistribusikan melalui restoran atau saluran dan media yang berfungsi agar tersampaikan barang kepada konsumen. 2) kegiatan ekonomi pada Meek Farm sebagai sumber belajar IPS dapat dimanfaatkan oleh guru dalam kepentingan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, dengan memasukkan unsur kegiatan ekonomi pada Meek Farm sebagai sumber belajar IPS, peserta didik dapat memahami dan mengetahui kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.Simpulan dari penelitian ini adalah pemilik dan karyawan sebagai pelaku ekonomi memanfaatkan buah durian sebagai bahan baku utama untuk menghasilkan berbagai produk olahan durian yang bernilai guna. Produksi dan distribusi yang dijalankan pemilik Meek Farm menggambarkan adanya nilai yang mendasari kegiatannya menyangkut kuantitas (untung/rugi). Kegiatan ekonomi Meek Farm dapat dijadikan sumber belajar belajar IPS terkait dengan materi produksi, distribusi dan konsumsi.

Kata kunci: Meek Farm, Kegiatan ekonomi, sumber belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI