DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PSK WARIA DI JALAN LAMBUNG MANGKURAT KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SITI MAGFIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-21


ABSTRAK

Siti Magfirah, 2020. PSK Waria di Jalan Lambung Mangkurat Kecamatan Banjarmasin Tengah Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah, Pembimbing (II) Syahlan Mattiro.

Kata Kunci : PSK Waria, Lingkungan Kerja dan Cara menarik Pelanggan.

          Pekerjaan merupakan suatu  hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap orang baik laki-laki maupun perempuan membutuhkan suatu pekerjaan. Begitu pula dengan waria, namun dengan keadaan waria yang dianggap sebagai perilaku yang menyimpang dari nilai dan norma sosial dan pendidikan yang rendah menjadi alasan sulitnya mendapatkan pekerjaan. Keadaan tersebut menjadikan beberapa waria memutuskan untuk bekerja menjadi PSK waria. Keberadaan PSK waria merupakan salah satu fenomena yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama pada larut malam di tepi jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui alasan PSK waria memilih lingkungan kerja di jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin dan 2) Mengetahui cara kerja PSK Waria dalam menarik pelanggan di jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

          Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, informan ditentukan secara purposive sampling. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman wawancara, catatan, dan kamera sebagai alat dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data,dan kesimpulan.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jalan Lambung Mangkurat yang digunakan oleh PSK Waria untuk mangkalmerupakan jalan yang strategis, karna memiliki akses jalan tembus dan banyak tempat untuk bersembunyi. Didukung dengan adanya tempat nongkrong bisa dijadikan sebagai tempat berkamuflase jika terjadi razia dadakan; 2) cara yang digunakan PSK waria untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan menggunakan dandanan yang cantik dan seksi, menggunakan bahasa tubuh yang menggoda, serta komunikasi yang mesra, halus, lemah-lembut dan merayu.

          Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar : 1) keluarga hendaknya meningkatkan pendidikan anak-anak seperti pengenalan nilai dan norma sosial, pengenalan karakter anak, dan meningkatkan bimbingan agama sebagai tameng agar terhindar dari perbuatan tercela; 2) bagi masyarakat hendaknya dapat meningkatkan kepedulian dan melakukan pendekatan terhadap kehidupan waria dengan memberikan lapangan kerja sebagai sarana untuk meringankan beban hidupnya; 3) dan untuk PemerintahKota agar ikut berperan aktif untuk menanggulangi keberadaan PSK waria yang semakin lama menimbulkan keresahan sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI