DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 6 SMAN 7 BANJARMASIN PADA KONSEP JAMUR MELALUI PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER
PENGARANG:Khairun Nisa
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Aktivitas siswa kelas X MIPA 6 SMAN 7 Banjarmasin pada pembelajaran konsep Jamur tahun ajaran 2016/2017 pada masih tergolong rendah, meskipun hasil belajar siswa sudah sesuai KKM (≥70). Tahun ajaran 2017/2018 sistem PPDB sekolah berdasarkan zonasi dan NUN siswa SMP/MTs, sedangkan tahun-tahun sebelumnya sistem PPDB dilihat berdasarkan nilai rapor SMP/MTs dan hasil tes yang telah ditentukan. Dengan demikian, dimungkinkan tingkat kemampuan berpikir kognitif siswa baru akan lebih heterogen dibandingkan dengan siswa sebelumnya. Di samping itu, mulai tahun ajaran 2017/2018 diberlakukan kebijakan full day school. Kebijakan ini diduga berdampak pada aktivitas siswa yang cenderung rendah. Guru sudah menerapkan berbagai cara untuk meningkatkan aktivitas siswa. Aktivitas siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. PTK sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas yang secara tidak langsung juga berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, mendeskripsikan respon siswa dan guru Biologi kelas X MIPA 6 SMAN 7 Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018 pada pembelajaran konsep Jamur melalui penerapan kombinasi model pembelajaran PBL dan NHT. Subjek penelitian sebanyak 34 orang siswa dengan 14 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan per siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang diamati meningkat dari siklus I (83,5) ke siklus II (89). Hasil belajar kognitif siswa yang dinilai melalui postest meningkat dari siklus I (80%) ke siklus II (92%). Hasil belajar proses yang dinilai melalui LKPD, tanya jawab soal NHT, dan produk/hasil karya meningkat dari siklus I (72,08) ke siklus II (82,70). Hasil belajar afektif perilaku berkarakter yang diamati meningkat dari siklus I (77,74) ke siklus II (92,64). Hasil belajar afektif perilaku sosial yang diamati meningkat dari siklus I (71,88) ke siklus II (91,84). Hasil belajar psikomotor siswa yang diamati meningkat dari siklus I (74,66) ke siklus II (86,03). Respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif masing-masing sebesar 98% dan 100%.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Konsep Jamur, PBL, NHT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI