DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DINAMIKA PERDAGANGAN DI PASAR WANGKANG KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SRI MARYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-21


ABSTRAK

 

Sri Maryati, 2020.Dinamika Perdagangan di Pasar Wangkang  Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah, (II) Yuli Apriati.

 

                     Kata kunci: Pasar, Perilaku Konsumen, Perilaku Pedagang

 

            Kawasan Pasar Wangkang Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala merupakan salah satu pasar terbesar yang ada di kota Marabahan yang mana banyak pedagang menggantungkan nasib usahnya di sana mulai dari pedagang kecil, kuli panggul hingga pedagang asongan. Penelitian ini baertujuan untuk (1) mendeskripsikan perilaku konsumen dalam memilih barang keperluan sehari-hari dan juga (2) mendeskripsikan perilaku pedagang dalam menjual barang daganganya di Pasar Wangkang Kecamatan Marabahan Kabupaten Batola.

              Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan metode sampling Purposive Sampling yang mana menggunakan sampel yang dipilih khusus berdasarkan karekteristik dalam penelitian ini adalah keterlibatan peneliti secara langsung dan aktif dengan informan dan atau sumber data lainnya. Dari penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengumpul data-data yang ada di lapangan, sedangkan instrument pengumpulan data adalah sebagai penunjang kabsahan hasil penelitian

              Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perilaku konsumen dalam berbelanja di Pasar Wangkang Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala dikerenakan faktor untuk pengurang ketidaknyamanan dalam berbelanja, membeli karena kebiasaan dan variasi produk. Selanjutnya perilaku pedagang dalam menjual daganganya yang dilihat dari segi jenis barang yang di tawarkan serta dari harga barang yang di tawarkan kepada konsumen baik dari keberagaman yang ada maupun dari segi kenyamanan fisik.

              Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada konsumen pedagang di Pasar Wangkang Marabahan agar dapat melakukan upaya-upaya agar dapat mempertahankan eksistensi usahanya serta bagi pemerintah daerah Kabupaten Batola harus meningkatkan lagi  upaya agar para pedagang yang masih berjualan di luar pada tempat yang disediakan agar menempati atau berjualan pada tempat yang sudah di sediakan guna kenyamanan bersama bagi pedagang, pembeli dan masyarakat lainya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI