DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Masyarakat Kampung Herbal Dalam Memanfaatkan Tumbuhan Herbal Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:DESY FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-23


Desy Fatimah. 2020. Aktivitas Masyarakat Kampung Herbal Dalam Memanfaatkan Tumbuhan Herbal Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Drs. Heru Puji Winarso, M.Si dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

Kampung Herbal merupakan destinasi wisata Kampung Tematik Banjarbaru yang memiliki banyak aktivitas dalam memanfaatkan herbal seperti aktivitas menanam herbal, membuat obat herbal, menjual herbal dan aktivitas lainnya. Aktivitas Kampung Herbal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga Kampung Herbal bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian: 1). Untuk mengetahui aktivitas masyarakat di Kampung Herbal dari proses menanam, pembuatan obat herbal, aktivitas ekonomi, dan aktivitas interaksi sosial didalamnya. 2). Untuk mengetahui aktivitas masyarakat di Kampung Herbal bisa digunakan sebagai sumber belajar IPS yang dapat diambil konsep dan contoh umum pembelajaran di sekolah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif. Sumber data berasal dari observasi di Komplek Bukit Permata Indah (Kampung Herbal), wawancara Pemilik usaha/pendiri Kampung Herbal, Masyarakat, Kelurahan Sungai Ulin, Guru IPS, Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata, dokumentasi disajikan berupa foto dan rekaman. Analisis data penelitian dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, member check dan perpanjangan pengamatan.

Hasil yang ditemukan dilapangan: 1). Aktivitas masyarakat Kampung Herbal memanfaatkan program TOGA (Tanaman Obat Keluarga) sangat baik dibuktikan dengan banyak tumbuhan yang ditanam di pekarangan rumah dan sepanjang area komplek dan masyarakat melakukan berbagai aktivitas dengan bekerja sama menanam herbal dengan tujuan saling menjaga lingkungan dan kesehatan bersama-sama, selain itu masyarakat memanfaatkan tumbuhan herbal untuk digunakan sendiri maupun dijual bebas dalam berbagai macam produk herbal untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat. 2). Kampung Herbal dijadikan sebagai rujukan wisata edukasi di Banjarbaru yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS dalam materi kelas VII interaksi sosial dan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) sehingga Kampung Herbal bisa diaplikasikan guru dalam mengajarkan materi ini baik diambil konsep maupun contoh umum ke peserta didik di sekolah.

Kata Kunci: Kampung Herbal, Aktivitas Masyarakat, Sumber Belajar IPS.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI