DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemanfaatan Video Aktivitas Pedagang Konfeksi Di Pasar Sudimampir Sebagai Media Pembelajaran IPS
PENGARANG:NURUL IMTINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-24


ABSTRAK

Nurul Imtinah. 2019. Pemanfaatan Video Aktivitas Pedagang Konfeksi di Pasar Sudimampir sebagai Media Pembelajaran IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II Mutiani, M.Pd.

 

Permasalahan media pembelajaran IPS sering tidak digunakan dalam proses pembelajaran, padahal penggunaan media pada proses pembelajaran dapat lebih menarik dan menyenangkan. Berbagai macam media pembelajaran satu diantaranya berupa video yang mengandung dua unsur yaitu suara dan gambar dengan ini informasi yang diperoleh akan lebih banyak. Video ini akan merekam aktivitas pedagang konfeksi yang ada di Pasar Sudimampir. Penelitian ini mendeskripsikan konten video aktivitas pedagang konfeksi di Pasar Sudimampir dan mengimplementasikannya dalam media pembelajaran IPS.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, paparan dan verifikasi. Sehingga dapat mendeskripsikan konten video aktivitas pedagang konfeksi yang ada di Pasar Sudimampir serta pengimplementasiannya pada kelas VIII C dan VIII D.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Konten video aktivitas para pedagang konfeksi yang ada di Pasar Sudimampir terdapat berbagai kegiatan baik yang dilakukan oleh pedagang juga adanya keterlibatan dari pembeli, mulai dari pengangkutan barang konfeksi, penyusunan barang, memilah barang yang dibeli oleh pembeli serta adanya kegiatan tawar menawar antara pedagang dan pembeli. (2) Pengimplementasian video aktivitas pedagang konfeksi dilakukan di kedua kelas sebagai bentuk perbandingan pemanfaatan dari video tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan media video memberi manfaat diantaranya yaitu peserta didik terlihat antusias saat penayangan video, pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan serta adanya pemerolehan pengetahuan baru bagi peserta didik.

 

Kata Kunci: video, pedagang konfeksi dan media pembelajaran IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI