DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BUDAYA LOKAL PADA RUMAH ANNO 1925 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD SYARWANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-24


Muhammad Syarwani. 2020.Budaya Lokal pada Rumah Anno 1925 sebagai Sumber Belajar IPS. Prodi Pendidikan IPS. FKIP ULM Banjarmasin.Pembimbing I, Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd. dan Pembimbing II, Drs. Heru Puji Winarso, M.Si., M.A.P.

Rumah Anno 1925 merupakan bangunan rumah tradisional Banjar yang terdapat di Banjarmasin. Rumah ini merupakan bukti sejarah tentang adanya bangunan tradisional rumah Banjar zaman dahulu. Rumah Anno 1925 dibangun sebelum Indonesia merdeka yaitu pada tahun “1925”. Bangunan rumah tradisional ini sekarang dijadikan kawasan wisata di Banjarmasin. Kekhasan arsitektur bangunan ini serta berbagai benda yang bernilai budaya lokal ada di dalamnya. Selain itu aktivitas-aktivitas seperti pameran lukisan, jual-beli kue khas daerah Banjar, diskusi budaya, dan berbagai aktivitas budaya Banjar lainnya juga sering dilakukan di rumah ini. Rumah tradisional Banjar dan isinya serta aktivitas di dalamnya ini memiliki potensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPS di Banjarmasin.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengemukakan tentang bagaimana sejarah Rumah Anno 1925 di Banjarmasin dan bagaimana budaya lokal pada Rumah Anno 1925 dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS di Banjarmasin, melalui materi Keragaman Etnik dan Budaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejarah Rumah Anno 1925, mendeskripsikan budaya lokal pada Rumah Anno 1925 yaitukekhasan arsitektur pada bangunan Rumah Anno 1925, dan benda-benda yang bernilai budaya lokal yang ada di dalam Rumah Anno 1925, serta berbagai aktivitas yang sarat dengan budaya Banjar sebagai sumber belajar IPS di Banjarmasin kepada siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan bahan penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pengumpulan bahan penelitian yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian adalah Rumah Anno 1925 merupakan tempat wisata di Banjarmasin. Rumah ini memiliki potensi untuk dijadikan sumber belajar IPS  karena di dalamnya terdapat berbagai benda yang mengandung nilai budaya dan sejarah lokal. Selain itu kekhasan arsitektur yang terdapat pada bangunan ini menjadikannya layak untuk dilestarikan. Apalagi aktivitas yang sarat dengan budaya Banjar juga sering dilakukan di rumah ini, maka pemanfaatan Rumah Anno 1925 sebagai sumber belajar IPS akan memudahkan siswa untuk mengenal kebudayaan daerah Banjar. Rasa bangga pada diri siswa akan muncul jika mengenal dan mengetahui budaya dan sejarah lokal yang ada di daerahnya sehingga dapat membentuk karakter cinta daerah dan bangga akan warisan budaya  leluhur,  serta tumbuh keinginan untuk bertanggung jawab menjaga kelestarian budaya lokalnya sendiri. Siswa sebagai generasi penerus diharapkan akan mampu mempertahankan budaya lokal daerahnya.  

 Kata Kunci:Budaya Lokal, Rumah Anno 1925, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI