DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Susu Kedelai di Banjarmasin
PENGARANG:ISTIQOMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-25


Susu kedelai merupakan salah satu produk olahan dari biji kedelai, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah. Produk susu kedelai umumnya dijual di pinggir jalan, sehingga perlu strategi pemasaran agar terjadi peningkatan jumlah yang dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah yang diciptakan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai dan strategi pemasarannnya.Penelitian dilakukan di Kota Banjarmasindimulai dari bulan Februari 2020 sampai dengan Februari 2021. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh industri rumahtangga susu kedelai di Banjarmasin yang berjumlah sebanyak 60 orang, dari jumlah populasi tersebut diambil sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Untuk mengetahui nilai tambah digunakan metode Hayami, sedangkan untuk mengetahui strategi pemasaran digunakan analisis SWOT.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah pengolahan kedelai sebanyak 10.72 kg menjadi susu kedelai sebanyak 59,56 liter sebesar Rp41.311,83/kg dengan rasio nilai tambah sebesar 58,21%. Nilai faktor konversi yang diperoleh sebesar 5,5%, dengan kata lain setiap  satu kg kedelai akan menghasilkan berupa susu kedelai sebanyak 5,5 liter. Berdasarkan analisis SWOT strategi pemasaran susu kedelai di Banjarmasin berada dikuadran I atau strategi agresif yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas produksi susu kedelai untuk pemasaran yang lebih luas, mengoptimalkan saluran distribusi untuk memperluas pemasaran produk, serta meningkatkan kualitas pelayanan yang baik untuk menambah konsumen.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI