DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI (KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2016/2017)
PENGARANG:ISNANIAH
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-15


Kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran siswa yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan terhadap pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif mata pelajaran akuntansi, 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa ranah afektif mata pelajaran Akuntansi Keuangan dan, 3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa ranah psikomotorik mata pelajaran Akuntansi Keuangan kelas XI jurusan akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin berjumlah 60 orang. Sampel diambil dengan cara teknik sampel jenuh sehingga keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Prasyarat analisis yakni uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis persentasi dan uji analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar ranah kognitif dengan nilai (r) sebesar 0,272 pada kategori lemah. 2)Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar ranah afektif dengan nilai (r) sebesar 0,470 pada kategori sedang. 3). Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar ranah Psikomotorik dengan nilai (r) sebesar 0,263 pada kategori lemah.


Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI