DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI DALAM PELAKSANAAN HAUL DATU MUHAMMAD AMIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:HAYATUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-25


Hayatun Nisa. 2021. Nilai-nilai dalam Haul Datu Muhammad Amin Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dosen Pembimbing I Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II Mahmudah Hasanah M.Pd.

Datu Muhammad Amin merupakan seorang Ulama yang berada di daerah Banua Anyar  yang pada haul beliau sangat cocok untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPS, namun nyatanya masih belum terlaksana dikarenakan masih banyak guru yang belum peka dengan sumber-sumber belajar berbasis lingkungan yang dapat dimanfaatkan. Dengan adanya sumber belajar berbasis lingkungan dapat memudahkan guru bahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan haul datu muhammad Amin, 2) Mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan haul datu muhammad Amin, 3) Mendeskripsikan nilai-nilai pelaksanaan haul datu muhammad Amin dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Tempat penelitian di jalan lingkar banua anyar kecamatan Banjarmasin timur. Subjek penelitian adalah kerabat dekat datu muhammad Amin dan guru mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji Keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan haul dilaksanakan pada 25 Syawal dan dibentuk 600 panitia yang terdiri dari kerabat dekat, masyarakat, hingga satuan polisi yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan haul 2) Nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan haul adalah nilai religius ( beriman dan bertaqwa, toleransi), nilai peduli sosial ( gotong royong dan bantuan sosial), dan nilai ekonomi ( jual beli dan jasa), 3) Nilai-nilai yang terdapat pada haul datu Muhammad Amin dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS terkait materi interaksi sosial dan pengaruh islam terhadap masyarakat Indonesia pada mata pelajaran IPS di SMP.

Simpulan penelitian: Datu Muhammad Amin merupakan seorang wali Allah yang bermakam di jalan lingkar banua Anyar kecamatan Banjarmasin timur. Nilai-nilai dalam pelaksanaan haul dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS khususnya untuk peserta didik SMP terkait materi kelas VII yaitu Interaksi sosial dan Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia.

 

Kata Kunci: Nilai, Sumber belajar, IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI