DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI KEJUANGAN PADA BIOGRAFI PANGERAN ANTASARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:HASANAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-25


ABSTRAK

Hasanaini, 2020. Nilai-nilai Kejuangan Pada Biografi Pangeran Antasari Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS,  Jurusan  Pendidikan Ilmu Pengetahuan  Sosial  Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan Universitas Lambung  Mangkurat  Banjarmasin.  Pembimbing (1) Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd, Pembimbing (2) Drs. Heru Puji Winarso, M.Si

Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam perkembangan pribadi manusia terlebih di zaman era milenial. Namun adanya tingkah laku dan kepribadian yang menyimpang mulai merasuki kehidupan pelajar, seperti peserta didik yang menunjukkan sikap kurang hormatnya kepada orang tua maupun guru. Masalah sosial ini perlu diberikan solusi terutama dalam proses pendidikan yang sangat dibutuhkan agar peserta didik tidak melakukan perbuatan yang nantinya menjadi kebiasaan. Pembelajaran IPS dihadapkan nantinya mampu  memberikan penanaman nilai satu diantaranya nilai kejuangan. Nilai kejuangan yang di ambil dari seorang tokoh pahlawan biografi Pangeran Antasari. Tujuan penelitian untuk : (1) mengetahui biografi Pangeran Antasari, (2) mengetahui nilai-nilai kejuangan Pangeran Antasari, (3) mengetahui kesesuaian nilai-nilai kejuangan Pangeran Antasari sebagai sumber belajar IPS.

            Penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka atau library research yakni penelitian yang di lakukan melalui pengumpulan data atau karya ilmiah tentang biografi Pangeran Antasari. Alasis data di lakukan dengan menggunakan analisis isi (content analysis) yang digunakan untuk menganalisa semua bentuk komunikasi, baik surat kabar, berita radio, iklan televisi maupun semua bahan dokumentasi yang berkaitan tentang biografi Pangeran Antasari.

Pangeran Antasari lahir pada 1797 di kota Kayu Tangi, Kalimantan Selatan, termasuk Kesultanan Banjar, dan wafat pada tanggal 11 Oktober 1862 di Bayan Begok, Kabupaten Barito, termasuk Kalimantan Tengah, ketika dia muda, Pangeran Antasari bernama Gusti Inu Kertapati. Pangeran Antasari juga dikenal sebagai pemimpin suku-suku di pedalaman, dia sosok sederhana yang tidak terpandang sebagai layaknya seorang bangsawan. Nilai kejuangan yang ada pada Pangeran Antasari antara lain: seorang pemimpin agama, penghubung aspirasi rakyat, gerakan rakyat, pemersatu rakyat dan panglima perang yang gigih.

Pembelajaran IPS juga bisa berkontribusi dengan nilai biografi Pangeran Antasari dengan cara memperkenalkan pada peserta didik bagaimana sejarah beliau lalu mengambil nilai-nilai yang terkandung dalam biografi Pangeran Antasari, di harapkan peserta didik dapat menjadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari maupun di masyarakat.

Kata Kunci: Biografi, Nilai Kejuangan, Pembelajaran IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI