DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEMAK DI HUTAN MANGROVE TABANIO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:Chitania Millianton
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-25


 

Pembelajaran dengan menggunakan buku ilmiah populer berdasarkan potensi lokal merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang kerap muncul dalam pembelajaran berbasis lokal khususnya pada mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ilmiah populer "Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Semak di Hutan Mangrove Tabanio" yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dengan evaluasi formatifberdasarkan Tessmer yang terdiri dari evaluasi diri, pendapat pakar, uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Penelitian dilakukan di Hutan Mangrove Tabanio, Kalimantan Selatan. Subjek penelitian untuk uji pakar terdiri dari 3 dosen Magister Pendidkan Biologi ULM, uji perorangan terdiri dari 3 mahasiswa, uji kelompok kecil sebanyak 3 mahasiswa dan uji lapangan sebanyak 10 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang telah mengambil mata kuliah botani tumbuhan tinggi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Buku ilmiah populer termasuk sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli sebesar 86,8% dan tingkat keterbacaannya  sebesar 86,54% dengan kriteria sangat baik;(2) Buku ilmiah populer termasuk praktis, karena89,18% mahasiswa memberikan respon sangat setuju, keterlaksanaan buku ilmiah populer 88,9% dengan kriteria sangat baik; dan (3)Buku ilmiah populer termasuk efektif, karena keterampilan berpikir kritis mahasiswa padaSmall Group(harapan)meningkat73,3% menjadi 86,7% dengan kriteria sangat efektif dan pada uji Field test (aktual) juga meningkat dari 71,5% menjadi 89,5%dengan kategori efektif. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis sebesar 04, dan 0,6dalam kriteria sedang. Buku ilmiah populer keanekaragaman jenis tumbuhan semak di hutan mangrove Tabanio yang dihasilkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI