DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Kepuasan dan harapan pelaku usaha dalam pelayanan pembuatan surat izin usaha perdagangan di dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kabupaten tabalong | |
PENGARANG | : | YULIA MAULIYANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-05-25 |
ABSTRAK
Yulia Mauliyanti, 1710413120021, 2021: “Kepuasan dan Harapan Pelaku Usaha dalam Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tabalong”. Di bimbingan oleh Mahyuni
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tentang tingkat kepuasan dan harapan pelaku usaha pada pelayanan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tabalong.
Penelitian ini mengacu pada dimensi dari Parasuraman dalam (Lopiyoadi 2001) untuk mengukur tingkat kepuasan dan harapan yaitu dimensi Tangibles (bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsivness (ketanggapan), Asurance (jaminan), Empathy (perhatian), dan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel adalah pelaku usaha yang telah membuat SIUP, teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket, teknik analisis yang digunakan dengan analisis per dimensi dan total keseluruhan.
Hasil penelitian dari analisis per-dimensi untuk tingkat kepuasan yaitu, Tangibles yang terdiri dari 4 indikator berada di interval 1.247-1.500, Reliability terdiri dari 4 indikator berada di interval 1.500-1.875, Responsiviness yang terdiri dari 2 indikator berada di interval 613-750, Assurance terdiri dari 4 indikator berada di interval 1.199-1.500, Empathy yang terdiri dari 1 indikator berada di interval 804-1.125. Sedangkan analisis per-dimensi untuk tingkat harapan yaitu, Tangibles yang terdiri dari 4 indikator berada di interval 1.240-1.500, Reliability terdiri dari 4 indikator berada di interval 1.471-1.875, Responsiviness yang terdiri dari 2 indikator berada di interval 581-750, Assurance terdiri dari 4 indikator berada di interval 1.182-1.500, Empathy yang terdiri dari 1 indikator berada di interval 851-1.125. Total keseluruhan dari dimensi tingkat kepuasan dan harapan menunjukkan bahwa termasuk dalam ketegori tinggi yaitu interval kepuasan berada di 5.363-6.750, sedangkan interval harapan berada di 5.325-6.750 hasil ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan dari pelaku usaha lebih tinggi dari pada tingkat harapannya.
Saran untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tabalong supaya tingkat kepuasan dan tingkat harapan masyarakat dalam pelayanan publik yang sudah mendapatkan nilai baik dapat dipertahankan, serta pelayanan yang masih mendapatkan nilai yang kurang baik untuk lebih ditingkatkan lagi pelayanannya.
Kata kunci: Kepuasan, harapan, pelayananMpembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Kabupaten Tabalong.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI