DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED MENGGUNAKAN KONTEKS BUDAYA DAYAK KALTENG DENGAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTs DARUL ULUM BANGKUANG | |
PENGARANG | : | MEGA RUNA JINGGA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-05-25 |
Pembentukan pola berfikir kreatif siswa bisa dilatih dari soal yang di rancang
seorang guru yang mampu membuat siswa berfikir kreatif. Untuk mengetahui
kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika diperlukan suatu tugas
(instrumen soal) yang dapat benar-benar mengidentifikasi kemampuan tersebut.
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik adalah
dengan soal-soal terbuka atau open-ended problem. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan soal open-ended menggunakan konteks budaya Dayak Kalimantan
Tengah materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang valid dan
praktis untuk kelas VIII MTs. Metode pengembangan yang digunakan adalah tipe
formative research Tessmer (1993) yang meliputi self evaluation, prototyping
(expert review, one-to-one, dan small group) dan field test. Penelitian ini dilakukan
sampai pada tahap small group. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi
dan prototipe dimana lembar validasi soal digunakan untuk menguji kevalidan
prototipe yang telah dibuat. Validasi prototipe meliputi validasi isi, validasi
konstruks dan bahasa. Lembar validasi diberikan peneliti kepada tiga validator
yaitu dua dosen Pendidikan Matematika Universitas Lambung Mangkurat dan satu
orang guru matematika di MTs Darul Ulum Bangkuang. Data yang dikumpulkan
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah menghasilkan satu
butir soal open-ended dengan materi SPLDV untuk siswa MTs Darul Ulum yang
valid. Berdasarkan hasil analisis uji validasi, diperoleh skor 3,2 yang masuk dalam
kriteria “valid” sehingga soal tes open-ended yang dibuat dalam penelitian ini dapat
dikatakan valid.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI