DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kajian Teknis Sistem Penirisan Pada Join Pit PT BMB Blok Dua Dengan PT Berkat Murah Rejeki Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.
PENGARANG:YESSINTYA TAMBUNAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-27


Pada bulan Maret 2020 PT Binuang Mitra Bersama (PT BMB) membeli IUP PT Berkat Murah Rejeki (PT BMR) yang memiliki 1 pit yaitu pit BMR. Pada masa peralihan IUP, air di dalam pit tidak dikendalikan dengan baik sehingga terdapat genangan air dalam volume besar. Target penelitian ini yaitu mengeluarkan air dari pit BMR dan menentukan jumlah dan lama waktu pemompaan untuk dapat melakukan kegiatan penambangan.

Pada pengolahan data dan analisis data dibantu perangkat lunak seperti Microsolft Office Word, Microsolft Office Excell, ArcGis, minescape, Surfer. Penentuan catchment area diperoleh dengan menggunkan software surfer dan volume air dihitung menggunkan minescape dengan memasukkan data elevasi muka air yang sudah diukur menggunakan total station.

Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh jumlah kebutuhan dan lama waktu pemompaan. Jika menggungkan 2 unit pompa maka waktu pemompaan selama 181 hari, jika menggungkan 3 unit pompa maka waktu pemompaan selama 55 hari, jika menggungkan 4 unit pompa maka waktu pemompaan selama 34 hari. Untuk mencapai target perusahaan maka jumlah pompa yang direkomendasikan adalah 3 unit pompa dengan waktu pemompaan 55 hari. Dan pada kondisi aktual, kapasitas settling pond yang tersedia tidak mencukupi sehingga perlu memperbesar kapasitas settling pond menjadi 260.700 m3.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI