DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 PELAIHARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
PENGARANG:ELIS ASTI MULYA NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-27


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran pendidikan jasmani pada anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Pelaihari tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang menjadi sumber data dari penelitian ini ialah guru pendidikan jasmani, guru kelas yang mengajar pendidikan jasmani, kepala seolah, dan orang tua anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Triangulasi yang digunakan sebagai bentuk keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan jasmani adaptif sudah dilakukan dengan cukup baik karena sesuai dengan KI KD kurikulum 2013, pelaksaanan pembelajaran dilakukan dengan cukup baik karena proses pembelajaran yang dikelola guru sudah sesuai dengan teori, evaluasi yang dilakukan guru sudah cukup baik berdasarkan hasil pengamatan saat proses pembelajaran, sarana prasarana pendidikan jasmani adaptif sudah cukup memadai karena sekolah berusaha memberikan fasilitas secara maksimal sesuai kebutuhan peserta didik, jenis-jenis pendidikan jasmani adaptif didasarkan pada gerak lokomtor, non lokomotor, dan manipulatif yang kemudian diadaptasi/modifikasi sesuai dengan materi dan kemampuan anak, hambatan pada pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB Negeri 2 Pelaihari terletak pada kesenjangan berbagai aspek yang diakibatkan dari pandemi covid-19.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI