DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN DARING BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII DI SLB NEGERI 1 PELAIHARI
PENGARANG:INDRI KUSUMA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-27


 

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran yang dilakukan secara daring pada kondisi saat ini yaitu terjadinya pandemi Covid-19 di SLBN 1 Pelaihari. Berdasarkan dari observasi bahwa hasil belajar pada pembelajaran daring mengalami sebuah penurunan dalam hasil belajarnya pada peserta didik berkebutuhan khusus terutama pada peserta didik tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan belajar secara online menggunakan aplikasi WhatsApp. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam lagi terkait perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala serta solusi pada pembelajaran daring bagi peserta didik tunagrahita ringan kelas XII di SLBN 1 Pelaihari.

 

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi deskriptif. Sumber data yaitu 1 kepala sekolah, 1 guru kelas XII tunagrahita ringan dan 3 peserta didik tunagrahita ringan beserta orang tua peserta didik tunagrahita ringan kelas XII. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji kredilitas dan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.

 

Hasil penelitian menunjukan (1) Perencanaan pembelajaran daring di SLBN 1 Pelaihari menyusun berupa Program Pembelajran dari silabus, RPP, bahan ajar dan media pembelajarannya yang disesuaikan dengan ketunaan dan kebutuhan anak. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada peserta didik tunagrahita ringan kelas XII menggunakan aplikasi WAG berdasarkan RPP-PJJ. (3) Evaluasi pembelajaran daring pada peserta didik tunagrahita ringan kelas XII dilakukan penilaian pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. (4) Kendala dan solusi dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada pembelajaran daring bagi peserta didik tunagrahita ringan kelas XII memperoleh kendala dalam belajar melalui jaringan oleh sebab itu, pembelajaran tidak tersampaikan dengan sepenuhnya sehingga baik dari sekolah, guru dan orang tua memberikan solusi seperti belajar luring agar anak tetap bisa mengakses pembelajarannya. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring bagi peserta didik tunagrahita ringan kelas XII di SLBN 1 Pelaihari ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik dengan melihat kendala yang diperoleh agar segera memberikan solusi agar peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI