DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SMP ISLAM SABILAL MUHTADIN DAN SMP KRISTEN KANAAN BANJARMASIN
PENGARANG:RUSNA ZAIDAH
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-15


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII dan VIII yang terdiri dari 4 kelas dan jumlah siswa 112 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi, dan korelasi sederhana dilanjutkan dengan uji korelasi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: tingkat pemanfaatan perpustakaan dalam kategori sangat tinggi untuk indikator jenis dan isi buku yang dijadikan bahan bacaan oleh siswa (X4) dengan frekuensi sebanyak 54 siswa atau 48,21%. Diketahui juga total persentase pemanfaatan perpustakaan dari 112 siswa sebanyak 42 siswa atau 37,50%. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan nilai rata-rata 39,29 dalam kategori cukup. Dari hasil uji hipotesis diketahui: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin, dengan R = 0,68 ; p < 0,01. Indikator yang memiliki hubungan paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator kegiatan belajar yang dilakukan siswa di perpustakaan (X3) dengan ry = 0,59 ; p < 0,01 dan Ryx = 0,28 ; p < 0,01 (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin, dengan R = 0,53 ; p < 0,01. Indikator yang memiliki hubungan paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator kegiatan belajar yang dilakukan siswa di perpustakaan (X3) dengan ry = 0,45 ; p < 0,01 dan Ryx = 0,25 ; p < 0,01 (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Kristen Kanaan Banjarmasin, dengan dengan R = 0,68 ; p < 0,01. Indikator yang memiliki hubungan paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator kegiatan belajar yang dilakukan siswa di perpustakaan (X3) dengan ry = 0,62 ; p < 0,01 dan Ryx = 0,34 ; p < 0,01.


Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI