DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SLB B/C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN
PENGARANG:ELI FITRIANI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Kata Kunci
:Interaksi Sosial
,
Anak Tunagrahita
Pada
masa perkembangannya anak harus mendapatkan perhatian yang
maksimal dengan begitu terjadilah interaksi anata
ra
yang satu dengan yang
lainnya,
manusia melakukan interaksi sosial
karena manusia adalah makhluk
sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan orang lain. Begitu pula
dengan anak tunagrahita mereka juga memerlukan interaksi sosial dengan
lin
gkungan sekitar, walaupun sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak.
Anak tunagrahita melakukan interaksi sosial dengan orang lain karena anak
tunagrahita membutuhkan perhatian yang maksimal untuk menyesuaikan diri
dengan lingkungannya bekerjasama de
ngan orang lain dan membangkitkan
pemahaman tentang lingkungan yang ada disekitarnya
.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
bagaimana interaksi sosial
anak tunagrahita.
P
endekatan
penelitian menggunakan pendekatan
kualilatif
deskriptif dan jenis pene
litian studi kasus (
Case Study
)
agar memperoleh
pemahaman yang luas dan mendalam tentang fenomena yang diteliti.
Teknik
pengumpulan
data
melalui
observasi
, wawancara dan dokumentasi
untuk
mempermudah proses penelitian.
Subjek yang diteliti adalah anak
tunagrahita
karena banyak fenomena
-
fenomena interaksi sosial tunagrahita yang kurang
dipahami oleh orang lain
.
Setelah dilakukan pe
nelitian, didapatkan bahwa
subjek peneli
tian
mengalami interaksi sosial yaitu dengan cara imitasi
yaitu meniru tindakan atau
perilaku sang idola
, sugesti
yaitu berperilaku tanpa harus disuruh atau dipengaruhi
oleh orang lain
, identifikasi
yaitu mengikuti tindakan atau perilaku sang idola
dengan sama persis atau serupa dan simpati yaitu peduli tehadap orang yang ada
disekelilingn
ya.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI