DIGITAL LIBRARY



JUDUL:i MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK MELALUI PENERAPAN PRAKTIK MEM AINKAN ALAT MUSIK RITMIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 1 BAYANSARI
PENGARANG:AGITA RIADINI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Kata Kunci: Hasil Belajar,
Praktik
dan
Model
Model juga mendorong pergeseran dari “
teacher
-
centered
” ke “
teacher
-
student
-
centered
” atau “
student
-
centered
”.
Selama proses pembelajaran guru
berfungsi sebagai fasilitator. Siswa belajar melalui model baik secara individual
maupun secara kelompok sehingga keinginan siswa tersebut terpenuhi.
Kenyataan
yang terjadi
Berdasarkan hasil pengamatan pada nilai ulangan se
mester I
untuk kelas
III
SDN
Bayansari
tahun pelajaran 20
16
/201
7
menunjukkan bahwa pelajaran
SBK
merupakan pelajaran yang
cukup
sulit bagi mereka yang tidak menguasainya, karena
dari laporan hasil belajar (rapor) dapat diketahui bahwa nilai rata
-
rata ke
las hanya
mencapai 6
3. Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan
adalah 65
.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Setting penelitian pada siswa
kelas
III
SDN
Bayansari
yang berjumlah
24
orang
yang terd
iri dari 1
5
orang laki
-
laki dan
9
orang perempuan
. Faktor yang diteliti
meliputi faktor siswa, guru, dan
hasil belajar
. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus,
dan tiap siklus dilaksanakan dengan
2
kali tatap muka. Langkah
-
langkah
pelaksanaannya yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi/evaluasi, dan
(4) refleksi. Sumber data adalah guru dan seluruh siswa
kelas
III
SDN
Bayansari
.
Cara pengambilan data adalah melalui
Evaluasi
dan obser
vasi aktivitas guru dan
siswa melalui lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi
aktivitas
guru
pada saat pembelajaran berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
meningkat
.
Kegiatan
pembelajaran yang dilakukan guru pad
a siklus I b
elum terlaksana secara lengkap
.
H
al ini terlihat dari adanya tahapan
-
tahapan pembelajaran yang terlewatkan atau
tidak dilakukan guru persentasinya juga hanya mencapai
82
%
pada pertemuan kedua.
S
elanjutnya
pada siklu
s II sudah terjadi peningkata
n
mencapai persentasi
93
% pada
pertemuan kedua
.
Kegiatan siswa atau aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai
kualifikasi aktif dengan persentasi
pada
pertemuan
pertama
mencapai
62,5
%
meningkat menjadi
71
% pada siklus I dan pada siklus II pertemuan I
83
%
dan
87
%
.
Anak
-
anak
terlihat semakin aktif
dalam melakukan kegiatan kerja kelompok
berpasangan maupun dalam kegiatan pembelajaran dengan melalui
model
pembelajaran Make A Macth
.
P
ada peningkatan hasil belajarnya diperoleh
presentase 71% pada pertemuan II
pada siklus I dan 87% pada pertemuan II di siklus
II
.
Hal tersebut
membenarkan tentang
Hipotesis dalam penelitian tindakan kelas ini
bahwa
“Jika menggunakan Model
pembelajaran
kooperatif tipe make a match
dalam
praktik alat musik ritmis maka hasil belaja
r siswa kelas III SDN 1 Bayansari
Desa
Bayansari Kecamatan Angsana
akan meningkat”
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI