DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 9 BANJARMASIN PADA KONSEP PROTISTA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI
PENGARANG:SITI SARAH
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-15


Pembelajaran berbasis inkuiri merupakan proses memperoleh informasi melalui
penulusuran untuk memecahkan masalah. Inkuiri dapat meningkatkan hasil
belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan (1)
Menguji pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif
produk (2) Menguji pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar
kognitif proses (3) Mennguji pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan untuk menentukan
pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif dan
kemampuan berpikir kritis siswa adalah metode eksperimen semu. Sampel
penelitian untuk kelas perlakuan adalah X MIA 1, X MIA 3 dan kelas kontrol
adalah X MIA 2. Analisis data menggunakan analisis kovarian, data yang
dianalisis adalah data kelas perlakuan dan kontrol yang diurutkan untuk menguji
hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian (1) Terdapat
pengaruh signifikan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif
produk (
R-square = 0,38; Pr>F = 0,0001) (2) Terdapat pengaruh signifikan
pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif proses (
R-square =
0,42; Pr>F = 0,0001) (3) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berbasis
inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (
R-square = 0,22; Pr>F =
0,0001).


Kata kunci : Inkuiri, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI