DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PEMANFAATAN INTERNET DI SMP ISLAM SABILAL MUHTADIN DAN SMP KRISTEN KANAAN BANJARMASIN
PENGARANG:ARISKA
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-15


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin. Melalui internet siswa dapat mengakses berbagai ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses belajar. Pemanfaatan internet secara baik akan menunjang prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas VII dan VIII terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 113 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi, korelasi sederhana, dan korelasi secara parsial.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pemanfaatan internet dari 113 siswa sebanyak 61 siswa (53,98%). Tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin dengan nilai rata-rata 81,24 dalam kategori cukup. Hasil uji hipotesis diketahui: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin dengan R = 0,64 : p < 0,01. Indikator yang memiliki hubungan yang paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator frekuensi seringnya dalam seminggu siswa memanfaatkan internet (X1) dengan ry = 0,55 : p < 0,01 dan Ryx = 0,29 p <0,01 (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin dengan R = 0,74 : p < 0,01. Indikator yang memiliki hubungan yang paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator lamanya waktu siswa memanfaatkan internet (X3) dengan ry = 0,57 : p < 0,01 dan Ryx = 0,45 p <0,01 (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Kristen Kanaan Banjarmasin dengan R = 0,63 : p < 0,01. Indikator yang memiliki hubungan yang paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator kegiatan belajar siswa memanfaatkan internet (X4) dengan ry = 0,34 : p < 0,01 dan Ryx = 0,27 p <0,01.


Kata Kunci: Pemanfaatan internet, prestasi belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI