DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (SENI TARI) KELAS III C DI SDN 1 SUNGAI DANAU TAHUN AJARAN 2017 / 2018
PENGARANG:MUHAMMAD SALIMI
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-15


Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Division (STAD), Hasil Belajar.


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran
di SDN 1 Sungai Danau. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru
kurang kreatif sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam
pembelajaran. Mata pelajaran SBK selalu diberikan melalui metode ceramah,
tanya jawab, dan penugasan. Hasil belajar mereka banyak yang kurang dari
KKM. Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan model
pembelajaran yang tepat dan efektif. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Team Achievement Division (STAD) sebagai salah satu model
pembelajaran yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan dengan
kerja sama yang menyenangkan, sehingga diharapkan model pembelajaran
kooperatif tipe (STAD) mampu meningkatkan hasil belajar.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division
(STAD) pada mata pelajaran SBK pada seni tari peserta didik kelas III C SDN 1
Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Ajaran
2017/2018? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar SBK pada seni tari
peserta didik kelas III C SDN 1 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten
Tanah Bumbu?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) pada mata pelajaran SBK pada
seni tari peserta didik kelas III C SDN 1 Sungai Danau Kecamatan Satui
Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar SBK pada seni tari peserta didik kelas III C SDN
1 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. belajar SBK
melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action
Research) sebanyak dua kali siklus. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik
kelas III C SDN 1 Sungai Danau pada mata pelajaran SBK materi gerak
maknawi, gerak murni, dan pola lantai. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan
catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data,
paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini apabila penguasaan peserta didik terhadap materi mencapai 75%
dari tujuan yang seharusnya dicapai, yaitu dengan nilai KKM 70.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik
mengalami peningkatan dari siklus 1 (nilai 60,59) dan pada siklus 2 (nilai
76,74).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI