DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DENGAN PENDEKATAN BELAJAR KELOMPOK TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN)
PENGARANG:MAULINA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Kata Kunci: Pembelajaran remedial, belajar kelompok, ketuntasan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar hubungan efektivitas pelaksanaan pembelajaran remedial dengan pendekatan belajar kelompok terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Pelaksanaan pembelajaran remedial merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar. Pembelajaran remedial dengan pendekatan belajar kelompok supaya siswa lebih aktif dan bebas mengemukakan pendapat. Ketuntasan belajar merupakan tingkat minimum pencapain belajar siswa. Siswa dapat dikatakan tuntas apabila hasil belajarnya mencapai 75% dari penilaian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini merupakan sampel jenuh yang berjumlah 30 orang dengan mengambil sampel pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar observasi serta tes prestasi. Hasil analisis uji kesepakatan antar pengamat ditunjukkan oleh koefisien (Kappa) dengan rata-rata antara 0,644 sampai 0,806. Hasil uji validitas tes prestasi ditunjukkan oleh koefisien rhitung antara 0,383 sampai 0,668 dan hasil uji reliabilitas soal tes prestasi sebesar 0,634.
Hasil Uji Kai Kuadrat menunjukkan nilai p-value sebesar 0,001 yang artinya nilai p-value < 0,01, sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan efektivitas pelaksanaan pembelajaran remedial dengan pendekatan belajar kelompok terhadap ketuntasan belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI