DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MEMBANGUN PERILAKU KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIJAU UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMKN) 2 BANJARMASIN
PENGARANG:NOVA SARI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat kepedulian lingkungan hijau, mengetahui dan menganalisa cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan, dan mengetahui pengaruh perilaku kepedulian lingkungan hijau terhadap jiwa kewirausahaan pada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan SMKN 2 Banjarmasin. Perilaku kepedulian lingkungan hijau merupakan sikap umum terhadap kualitas lingkungan yang diwujudkan dalam kesediaan diri untuk menyatakan aksi yang dapat meningkatkan dan memelihara kualitas lingkungan.Jiwa kewirausahaan merupakan orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam pengembangan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini merupakan teknik probability sampling, yang berjumlah 203 orang dengan mengambil sampel pada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri(SMKN) 2 Banjarmasin. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil uji validitas kuesioner ditunjukkan oleh koefisien rhitung antara 0,588 sampai 0,861 dan hasil uji reliabilitas perilaku kepedulian lingkungan hijau 0,899. Hasil uji reliabilitas jiwa kewirausahaan 0,969.
Hasil penelitian menunjukan perilaku kepedulian lingkungan hijau menunjukan mean 49,63 dengan kategori tinggi. Jiwa kewirausahaan menunjukan mean 116,20. Adapun nilai t tabel berdasarkan(df) = (n-1-k) adalah sebesar 1,972. Berdasarkan nilai t tabel tersebut dapat dilihat bahwa tingkat pengaruh yang di berikan faktor Perilaku Kepedulian Lingkungan Hijau (X) terhadap faktor Jiwa Kewirausahaan (Y) adalah nilai signifikan dari hasil análisis regresi adalah sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih rendah dari taraf signifikan 0,05. Hasil pembandingan tersebut juga menunjukkan bahwa faktor Perilaku Kepedulian Lingkungan Hijau (X) berpengaruh terhadap faktor Jiwa Kewirausahaan (Y).
Kata Kunci: Perilaku Kepedulian Lingkungan Hijau, Jiwa Kewirausahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI