DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 4 SMAN 4 BANJARMASIN PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA MELALUI M ODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING | |
PENGARANG | : | Putri Pratami Rahmiati | |
PENERBIT | : | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | |
TANGGAL | : | 2018-02-15 |
Archaebacteria dan Eubacteria
adalah salah satu konsep yang diajarkan di kelas X MIPA SMAN 4 Banjarmasin. Konsep ini dianggap sulit karena banyak terdapat
istilah ilmiah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Siswa yang dapat mencapai KKM hanya sebesar 50% dari keseluruhan siswa di kel
asdan sisanya masih belum mencapai KKM yang ditetapkan. Keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran masih kurang karena sekitar 25% siswa masih kurang aktif dalam
hal mengerjakan tugas dan pasif saat diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswamelalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini juga mendeskripsikan bagaimana respon siswa kelas X MIPA 4 SMAN 4 Banjarmasin
tahun ajaran 2017/2018 melalui modelpembelajaran Inkuiri Terbimbing pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas siswa meningkat dari kategoricukup pada siklus I
menjadi kategori amat baik pada siklus II. Ketuntasan
klasikal hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus I sebesar
59,45% menjadi 86% pada siklus II. Hasil belajar afektif perilaku berkarakter pada siklus I dengan kategori cukup meningkat menjadi kategori amat baik dan keterampilan sosial meningkat dari
siklus I dengan kategori kurang menjadi kategori baik pada siklus II. Hasil belajar
psikomotor pada pada siklus I hanya sebesar 59,70 dengan kategori sangat kurang
meningkat menjadi 83 dengan kategori baik pada siklus II.Penelitian ini mendapatkan respon positif dari siswakelas X MIPA 4 SMAN 4 Banjarmasin yang ditandai dengan tingginya minat siswa terhadap pembelajaran dengan
menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.
Kata kunci : aktivitas siswa, hasil belajar, Archaebacteria dan Eubacteria, Inkuiri terbimbing
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI