DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK KESADARAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGSANA
PENGARANG:NOOR WIJIONO
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menumbuhkan kepekaan dan
tanggung jawab sosial, membangun kecerdasan emosional dan mewujudkan siswa
yang memiliki etika tinggi. Pendidikan karakter pada nilai peduli lingkungan akan
mampu membentuk kesadaran lingkungan dan diharapkan dapat mengurangi
kerusakan lingkungan. Kesadaran lingkungan adalah pengetahuan mendalam yang
mendukung terciptanya kelestarian lingkungan hidup, dan keadaan tergugahnya
jiwa terhadap lingkungan hidup. Pendidikan karakter dalam upaya
menyelamatkan lingkungan hidup dapat diterapkan melalui program sekolah
adiwiyata. Salah satu lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan
pendidikan karakter yang menekankan pada nilai peduli lingkungan adalah SMA
Negeri 1 Angsana yang juga merupakan sekolah adiwiyata. Perilaku siswa di
lingkungan SMA Negeri 1 Angsana memperlihatkan masih ada siswa yang
kurang peduli dengan kebersihan dan keindahan lingkungan di sekitar sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi siswa tentang
pendidikan karakter peduli lingkungan, mengetahui gambaran kesadaran
lingkungan siswa, dan mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa
tentang pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap kesadaran lingkungan
pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Angsana.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
assosiatif (kausal) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian dilakukan
dengan Nonprobability Sampling teknik Sampling Purposive, dengan jumlah
sampel 157 siswa mengambil dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Angsana.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara koesioner dan dokumentasi, uji
instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas angket, uji
prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas dengan teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan analisis deskriptif persentase variabel
persepsi siswa tentang pendidikan karakter peduli lingkungan sebesar 75,77%
dengan kategori tinggi, sedangkan variabel kesadaran lingkungan sebesar 72,25%
dengan kategori tinggi dan analisis regresi linier sederhana penelitian ini yaitu Y’
= 40,168 + 0,307X. Ada pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan
karakter peduli lingkungan terhadap kesadaran lingkungan siswa sebesar 0,304
(30,4%) dalam kategori rendah.
Kata Kunci: Pendidikan karakter peduli lingkungan, Kesadaran lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI