DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA VIII B SMPN 11 BANJARMASIN DENGAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION
PENGARANG:Richi Ramadhana
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Kurangnya pembelajaran yang aktif bagi siswa menyebabkan siswa kurang aktif
dalam proses pembelajaran, hal ini diduga karena guru hanya menerapkan model
pembelajaran dengan metode ceramah menyebabkan perlunya dilakukan
penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tujuan
khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP, (2) aktivitas
siswa, dan (3) hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan,
tindakan/observasi, dan refleksi. Perangkat dan instrumen penelitian yang
digunakan adalah RPP, LKS, THB, materi ajar, dan lembar observasi aktivitas
siswa. Data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Temuan penelitian yaitu: (1)
keterlaksanaan RPP yaitu 73,4% pada siklus I dengan kategori baik menjadi
93,2% pada siklus II dengan kategori sangat baik; (2) Aktivitas belajar siswa juga
meningkat dari 75,6% pada siklus I dengan kategori aktif menjadi 86,0% pada
siklus II dengan kategori sangat aktif; (3) hasil belajar siswa, yaitu 13% pada
siklus I menjadi 67% pada siklus II. Diperoleh simpulan bahwa aktivitas siswa
VIII B SMPN 11 Banjarmasin meningkat setelah diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Kata kunci: Student Team Achievement Division (STAD), aktivitas siswa, hasil
belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI