DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA VIII E SMPN 11 BANJARMASIN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
PENGARANG:Eriana
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran yang berpusat pada guru
sehingga siswa cenderung pasif dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya
atau berpendapat menyebabkan siswa kurang memahami apa yang disampaikan
guru. Hal ini yang mendasari perlunya dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa VIII E SMPN 11 Banjarmasin melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi
getaran dan gelombang. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1)
keterlaksanaan RPP, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya
terdiri dari: perencanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Perangkat dan
instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKS, THB, materi ajar, dan
lembar observasi aktivitas siswa. Data diperoleh dari hasil tes dan observasi.
Temuan penelitian yaitu: (1) keterlaksanaan RPP yaitu 75,6% pada siklus I
dengan kategori baik menjadi 87,8% pada siklus II dengan kategori sangat baik;
(2) Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 74% pada siklus I dengan kategori
aktif menjadi 86,7% pada siklus II dengan kategori sangat aktif; (4) hasil belajar
siswa, yaitu 36% pada siklus I dengan kategori tidak tuntas menjadi 70% pada
siklus II dengan kategori tuntas. Diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa
VIII E SMPN 11 Banjarmasin pada materi getaran dan gelombang meningkat
setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), aktivitas siswa, getaran dan
gelombang, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI