DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDUGAAN BEBERAPA PARAMETER DINAMIKA POPULASI IKAN SEPAT SIAM (Trichogaster pectoralis) YANG TERTANGKAP PADA LALANGIT (Horizontal set gillnet) DAN TEMPIRAI (Wire stage trap) DI PERAIRAN RAWA DESA TELUK SELONG KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:TITIS MUJIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-28


ABSTRAK

 

Titis Mujiati. Program Studi Perikanan Tangkap.Pendugaan Beberapa Parameter Dinamika Populasi Ikan Sepat Siam (Trichogaster pectoralis)  yang Tertangkap Pada Lalangit (Horizontal set gillnet)dan Tempirai  (Wire stage trap)di Perairan Rawa Desa Teluk Selong Kabupaten Banjar. Dibawah bimbingan Rusmilyansari sebagai ketua pembimbing dan Iriansyah sebagai anggota pembimbing.

 

Penelitianinibertujuanuntukmelihatbeberapaparameterdinamikapopulasi ikan sepat siam yang berada di perairan Rawa Desa Teluk Selong meliputi kelompokumur,pertumbuhan,mortalitas,danyield perrecruitment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif random sampling dan wawancara. Analisis diperoleh menggunakan software microsoft excel dan program FAO - ICLARM Fish Stock Assessment Tools II (FISAT II). Jumlahsampelyangdiiperoleh500ekor                                     dengankisaranpanjangtotaltubuhikan50-150mm,dimanapanjangasimptotyaitu150,6mm,koefisienlajupertumbuhan (k) 0,51 dan umur teoritisnya -0,4486 tahun, pertumbuhan ikansepat  initergolonglambat.Lajumortalitasalami(M)1,41pertahun,mortalitas total (Z) 0,91 per tahun, mortalitas penangkapan (F) 0,49 pertahun dan laju eksploitasi (E) 0,54. Dari hasil ini menunjukkan bahwa terjadi kematian alami yang sangat tinggi karenamortalitaspenangkapan(F)lebihrendahdarimortalitasalami(M),sertayieldper recruitment0.012gram/recruitment.

 

Katakunci:ikansepat siam,dinamikapopulasi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI