DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MELALUI IKLIM ORGANISASI SDN KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:LA ODE M. ALFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-28


ABSTRAK

 

La Ode M. Alfi. 2021. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Melalui Iklim Organisasi SD Negeri Kecamatan Banjarmasin Barat. Pembimbing (I) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd (II) Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd

Kata kunci: Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Displin Kerja, Iklim Organisasi, Kinerja Guru

            Kinerja guru adalah salah satu komponen penting dalam  peningkatan kualitas pendidikan, yang akan berimbas pada kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Kinerja guru adalah factor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain: keterampilan manajerial kepala sekolah, disiplin kerja dan Iklim Organisasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru melalui iklim organisasi SD Negeri Kecamatan Banjarmasin Barat.

            Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru Kecamatan Banjarmasin Barat dengan jumlah 509 orang, dan ukuran sampel ditentukan dengan simple random sampling sebanyak 224 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarluaskan secara online kepada sampel melalui link googleform. Analisis hasil penelitian menggunakan statistic deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan SPS Window Version 24S.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara: (1) keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) disiplin kerja dengan kinerja guru, (3) iklim organisasi dengan kinerja guru, (4) keterampilan manajerial kepala sekolah dengan iklim organisasi, (5) displin kerja dengan iklim organisasi,(6) keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru melalu iklim organisasi, (7) disiplin kerja dengan kinerja guru melalui iklim organisasi.

            Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal seperti: (1) Guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif, kreatif  dan disiplin sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, (2) kepala sekolah hendaknya memberikan dorongan semangat terhadap upaya yang bersifat positif baik berupa  rewards atau punshhmen sehingga bias meningkatkan disiplin serta memberikan kehangatan dalam lingkungan sekolah sehingga iklim organisasi menjadi baik, (3) lembaga pendidikan hendaknya memberikan kesempatan dan dana kepada guru ingin mengembangakn diri, (4) peneltian iini hendaknya dapat digunakan sebagai rujukan dan referensi untuk melakukan penelitian yang msih berkaitan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI