DIGITAL LIBRARY



JUDUL:VARIASI KALIMAT, PROPOSISI, DAN FUNGSI WACANA IKLAN MEDIA LUAR RUANG DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RABIATUL SAKBAN MIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-28


Penggunaan bahasa pada dewasa ini bukan hanya untuk saling berkomunikasi antarmanusia, tetapi menambahkan ragam fungsi bahasa lainnya. Pemanfaatan fungsi bahasa dalam komunikasi berbisnis menjadikannya sebagai salah satu tombak keberhasilan dan kesuksesan dalam bisnis. Bisnis berkembang bukan hanya karna kualitas dari produk, tetapi awal mula produk itu bisa dilirik oleh konsumen adalah dengan cara promosi yang benar dan tepat. Denganpenulisan kata-kata yang menarik, variatif, dan mencolok akan mampu memberi kesan kepada pembeli sehingga mampu membuka selera pembaca untuk membeli. Selain bahasa yang menarik, bersifat singkat, padat, dan jelas, proposisi-proposisi yang ditawarkan juga menjadi daya tarik tersendiri. Melalui proposisi yang jelas dan menguntungkan calon konsumen akan membuat wacana iklan semakin menarik. Selain itu, fungsi yang terkandung dalam wacana iklan media luar ruang inipun bisa diteliti lebih dalam, agar terlihat jenis-jenis kalimat seperti apa yang cenderung banyak digunakan oleh pemilik bisnis. Peneliti menitikberatkan penelitian ini pada wacana iklan media promosi luar ruang seperti spanduk, banner, baliho, poster, slogan, dan papan nama dagang.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud variasi kalimat berdasar fungsi komunikatifnya, mendeskripsikan wujud proposisi, dan Menunjukkan fungsi yang terkandung pada wacana iklan media luar ruang di Kota Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan wacana dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif serta penggunaan metode simak, baca, dan catat. Sumber data pada penelitian ini berupa media luar ruangdi kota Banjarmasin seperti spanduk, banner, baliho, poster, slogan, dan papan nama dagang. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan kalimat yang tercantum pada wacana iklan media luar ruang di kota Banjarmasin.

            Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam wacana iklan media luar ruang di Kota Banjarmasin terdapat 33 data yang menunjukkan penggunaan variasi kalimat deklaratif, 1 data menunjukkan penggunaan variasi kalimat introgatif, dan 3 data kalimat ekslamatif. Selain itu juga ditemukan 16 data dengan proposisi yang menekankan keuntungan bagi calon konsumen, 20 data dengan proposisi yang membangkitkan rasa ingin tahu kepada calon konsumen, dan 1 data berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih. Proposisi alasan objektif ditemukan sebanyak 28 data, proposisi alasan subjektif 7 data, dan alasan campuran 2 data, serta butir pasif sebanyak  7 data.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI