DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Edukasi Kesehatan Pada Keluarga Pasien Stroke : Literature Review
PENGARANG:MUHAMMAD YUDHA ANSHARI -501
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-28


Latar Belakang: Edukasi kesehatan merupakan proses pemberian informasi antisipasi dan perencanaan yang dibutuhkan keluarga dan pasien, yang merupakan bagian penting dalam perawatan kesehatan secara komperhensif dan harus dilakukan pada setiap perencanaan perawatan pasien. Diperlukan edukasi kesehatan untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien dengan memberikan panduan dan penjelasan tentang masa transisi khususnya untuk pasien stroke baik selama di rumah sakit ataupun setelah keluar dari rumah sakit untuk menjalani masa rehabilitasi, serta peran dan dukungan keluarga pada pasien tersebut. Keluarga membutuhkan peran edukator yaitu perawat yang memegang peran sebagai pendidik dalam upaya meningkatkan kesehatan pasien.

Tujuan: Mengetahui tujuan dan metode yang diberikan dalam pemberian edukasi kesehatan

Metode: Literature review dilakukan dengan mencari artikel menggunakan kata kunci melalui database elektronik yaitu PubMed, Science Direct, Google Scholar dan Garuda dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan rentang waktu 2010-2020. Artikel yang memenuhi kriteria inklusi penelitian selanjutnya dilakukan sinteris naratif.

Hasil: Dari 5 artikel yang memenuhi kriteria inklusi penelitian dan selanjutnya dilakukan sinteris naratif. Ditemukan beberapa tujuan pemberian edukasi kesehatan kepada keluarga pasien stroke dan metode yang digunakan dalam pemberian edukasi kesehatan.

Pembahasan: Terdapat tujuan pemberian edukasi kesehatan yang diberikan kepada keluarga pasien stroke, yaitu peningkatan kesiapan keluarga dalam proses perencanaan pulang ke rumah, mengurangi beban yang dialami pengasuh dalam merawat pasien stroke, memberikan pengetahuan mengenai penanganan kegawatdaruratan stroke, memberikan edukasi perawatan mulut dan pemberian edukasi mengenai kompetensi pengasuhan, kemampuan memecahkan masalah, capaian hasil psikososial, kesehatan fisik. Selain itu juga ditemukan metode dalam pemberian edukasi kesehatan, yaitu edukasi kesehatan menggunakan video, terapi psikoedukasi, program perawatan mulut berbasis rumah.

 

Kata Kunci: Edukasi Kesehatan, Stroke, Keluarga, Literature Review

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI