DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KECEMASAN PADA KELUARGA PASIEN STROKE: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:MUHAMMAD FARRIZ SATRIATAMA -503
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-28


Latar Belakang: Kecemasan merupakan salah satu dampak psikologis yang dapat muncul dari seorang keluarga pasien stroke ketika salah satu anggota keluarganya mengalami stroke. Terdapat faktor yang berhubungan dan intervensi untuk mengurangi kecemasan tersebut.

Tujuan: Mengetahui faktor yang berhubungan dengan kecemasan keluarga pasien stroke dan intervensi untuk mengurangi kecemasan keluarga pasien stroke.

Metode: Literature review dilakukan dengan mencari artikel menggunakan kata kunci melalui database elektronik yaitu PubMed, Science Direct, Google Scholar dan Garuda dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan rentang waktu 2010-2020. Artikel yang memenuhi kriteria inklusi penelitian selanjutnya dilakukan sinteris naratif.

Hasil: Dari 7 artikel terdapat beberapa faktor yang ternyata berhubungan secara signifikan dengan keluarga pasien stroke, yaitu beban keluarga, kualitas hidup dan jenis kelamin. Selain itu juga ditemukan intervensi yang dapat menurunkan kecemasan keluarga pasien stroke secara efektif, yaitu dukungan informasi, telenursing, terapi spiritual dan edukasi oleh perawat.

Pembahasan: Beban keluarga, kualitas hidup dan jenis kelamin dijelaskan memiki hubungan yang signifikan setelah dilakukan uji statistik pada masing-masing artikel. Intervensi-intervensi yang ditemukan juga efektif dalam menurunkan kecemasan keluarga pasien stroke. Intervensi yang diberikan bisa secara langsung seperti terapi spiritual maupun melalui metode telenursing. Selain itu pemberian informasi dan edukasi juga berhasil dalam menurunkan kecemasan keluarga pasien stroke.

Kata kunci: kecemasan, stroke, keluarga, literature review

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI