DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI Coliform DAN Escherichia coli PADA AIR MINUM PAMSIMAS DI DESA TANIPAH, TANIPAH RIMBAH, DAN PANTAI HAMBAWANG DENGAN METODE MOST PROBABLE NUMBER (MPN)
PENGARANG:NOR HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-29


IDENTIFIKASI Coliform DANEscherichia coli  PADA AIR MINUM PAMSIMAS DI DESA TANIPAH, TANIPAH RIMBAH, DAN PANTAI HAMBAWANGDENGAN METODE MOST PROBABLE NUMBER (MPN) (Oleh Nor Hikmah; Pembimbing: Pratika Viogenta; 2021; 21  halaman).

 

Coliform merupakan golongan mikroorganisme yang digunakan sebagai indikator pencemaran air. Bakteri coliform dibedakan menjadi dua yaitu coliform fekal misalnya Escherichia coli, dan coliform non-fekal misalnya Enterobacter aerogenes.  E. coli merupakan bakteri yang hidup pada saluran pencernaan usus, baik pada manusia maupun hewan. E.coli dapat mencemari bahan makanan atau minuman yang berasal dari tinja manusia, sehingga keberadaannya pada bahan makanan atau minuman menunjukkan adanya ancaman kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan coliform dan E. coli pada air minum dan memastikan kualitas air minum tersebut memenuhi syarat kesehatan. Metode yang digunakan adalah Most Probable Number (MPN) 10 seri. Sampel berupa 3 sampel air minum dari PAMSIMAS di desa Tanipah, Tanipah Rimbah, dan Pantai Hambawang.  Hasil yang diperoleh pada sampel 1512-1 adalah negatif, sampel 1512-2 adalah 12,0 MPN/100 mL untuk coliform dan 6,9 MPN/100 mL untuk E. coli, sampel 151 2-3 adalah 23,0 MPN/100 mL untuk coliform dan 12,0 MPN/100 mL untuk E. coli. Berdasarkan penelitian hanya 1 sampel yang memenuhi syarat kesehatan, sedangkan 2 sampel tidak memenuhi syarat kesehatan.

Kata kunci:Coliform, Escherichia coli, dan Most Probable Number (MPN)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI