DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISA VIDEO PEMBELAJARAN GURU DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PEDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS VII DI SMP NEGERI 3 MARTAPURA PADA MASA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:HUGO FERERA SANTOSO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-29


ABSTRAK

HUGO FERERA SANTOSO. NIM. 1710122110014. Analisa Video Pembelajaran Guru dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII Di SMP Negeri 3 Martapura. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (Utama). Dr. Rahmadi, S.Pd., M.Pd. (Pendamping). Drs. Athar, M.Kes., AIFO.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisa video pembelajaran pada keterampilan guru dalam membuka, inti dan menutup pembelajaran kelas VII saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Martapura tahun ajaran 2020/2021.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei, dengan pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dari video pembelajaran di tempat yang akan diteliti.

Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru PJOK Kelas VII SMP Negeri 3 Martapura, sedangkan sampel penelitian video pembelajaran yang dibuat guru kelas VII SMP Negeri 3 Martapura dalam KD 3.1 & 4.1 yang berjumlah 2 buah video pada youtube Dy Azka Channel.

Hasil penelitian pada sampel tersebut dapat disimpulkan dalam video 1 dengan nilai persentase 47% dan video 2 dengan nilai persentase 50%, kedua video tersebut tergolong kategori sedang. Dan dalam kedua video tersebut pada aspek membuka pembelajaran, melaksanakan evaluasi proses hasil belajar, dan menutup pembelajaran tergolong kategori sangat rendah. Untuk materi ajar dalam video 1 belum sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tetapi didalam video 2 masih terdapat ketidaksesuaian, karena dalam video 2 tersebut terdapat materi kombinasi.

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Membuka, Inti, dan Menutup pembelajaran



 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI