DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PASER BEKERAI SEBAGAI KELOMPOK SOSIAL BAGI MASYARAKAT PASER DI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR
PENGARANG:INDAH AUDIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-29


ABSTRAK

Indah Audia Putri, 2021. “Paser Bekerai Sebagai Kelompok Sosial bagi Masyarakat Paser Di Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur”. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat (II) Laila Azkia

Kata kunci: Kelompok Sosial, Solidaritas,Makna  dan Paser Bekerai.

Paser Bekerai adalah sebuah Komunitas yang dibentuk pada Tahun 2015 oleh masyarakat Suku Paser atas keresahan pada pemerintah di Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Komunitas ini menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintahan, melestarikan Budaya Paser dan mengkaji peristiwa yang berhubungan dengan Suku Paser. Paser Bekerai mempunyai Pengutok (Ketua) dan Pengirak (wakil ketua) yang ada disetiap Kecamatan di Kabupaten Paser yang membantu kerja dari Pengutok.  Semua Masyarakat yang menjadi Suku  Paser Merupakan Bagian dari Paser Bekerai.Penelitian ini bertujuan untuk: (I) mengetahui upaya Paser Bekerai dalam menjaga solidaritas sosial Masyarakat Paser. (II) Mengetahui makna  Paser Bekerai bagi Masyarakat Paser.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara Snowball Sampling. Adapun informan kunci yang dipilih yaitu dari Pengutok (ketua) Paser Bekerai Bapak Syukran Amin dan selanjutnya disarankan ke  anggota dari Paser Bekerai bapak Syarif Hidayatullah yang mengetahui awal terbentuknya Paser Bekerai sampai sekarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini mengunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian dilakukan dari bulan Februari 2020 sampai bulan Juni 2020.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (I) Paser Bekerai menjaga kesolidaritasan dengan selalu berkomunikasi dan bekerjasama antara anggota di Paser Bekerai, melaksanakan kegiatan usaha bersama pembuatan cafe D’nalau, pembuatan rumah adat bersama dengan pemerintah, gotong-royong kegiatan di Paser Bekerai dan Persaudaraan di Paser Bekerai. (II) Makna Paser Bekerai bagi masyarakat Paser  sebagai tempat untuk berjuang yaitu  pandangan dari suku Paser  melihat adanya Komunitas Paser Bekerai di buat, Paser Bekerai sebagai Kepercayaan dari masyarakat Paser.

Berdasarkan hasil temuan disarankan kepada pemerintah untuk tetap menjaga hubungan dengan suku Paser melalui Paser Bekerai ini karena bisa membantu mensejahterakan Suku Paser itu sendiri dan masyarakat senantiasa juga menjadikan Paser Bekerai sebagai tempat menjaga identitas suku Paser karena di Paser Bekerai bisa menjembatani hubungan antara Pemerintah dan masyarakat, mengembangkan potensi diri, mengawal kegiatan pemerintah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI