DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Lumatan Serai (Cymbopogon citratus) Terhadap Lama Penyembuhan Luka Terkontaminasi Pada Mencit Putih (Mus musculus)
PENGARANG:RAHMI RANITA - 622
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-29


ABSTRAK

 

PENGARUH LUMATAN SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) TERHADAP LAMA PENYEMBUHAN LUKA TERKONTAMINASI PADA MENCIT PUTIH (MUS MUSCULUS)

  

Ranita R

  

Latar Belakang:  Serai sering dimanfaatkan masyarakat sebagai obat tradisional karena mengandung beberapa senyawa aktif yang dapat menunjang lama proses penyembuhan luka. Lama penyembuhan luka merupakan  jumlah hari dalam proses penyembuhan luka apakah luka dapat sembuh lebih cepat atau lebih lambat.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh lumatan serai terhadap lama penyembuhan luka terkontaminasi pada mencit putih

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatifexperimental murni dengan rancangan posttest-only control group. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling yang terdiri  dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan perlakuan. Sampel penelitian ini 34 sampel.

Hasil: Hasil penelitian ini menyatakanbahwabahwa rata-rata lama penyembuhan luka pada kelompok kontrol 11,41 (11 hari), sedangkan pada kelompok perlakuan yaitu 8,83 (9 hari). Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh lumatan serai terhadap lama penyembuhan luka terkontaminasi pada mencit putih (p-value = 0,0001 < 0,05).

Diskusi: Pengaruh lumatan serai terhadap lama penyembuhan luka terkontaminasi memiliki pengaruh dalam proses penyembuhan luka serta ada perbedaan rata-rata lama penyembuhan luka antara kedua variabel.

 

Kata kunci: mencit putih, penyembuhan luka, serai

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI