DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE CPM DAN PDM DENGAN MICROSOFT PROJECT 2019 PADA PROYEK PEMBANGUNAN PONDOK DARUL HIJRAH PUTERA, KECAMATAN MARTAPURA, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN.
PENGARANG:MARINA - 1232
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-29


STUDI PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE CPM DAN PDM DENGAN MICROSOFT PROJECT 2019 PADA PROYEK PEMBANGUNAN PONDOK DARUL HIJRAH PUTERA, KECAMATAN MARTAPURA, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN

 

 

Marina, Ir. Retna Hapsari Kartadipura, M.T., IPM.

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Email: marinagk6@gmail.com

 

ABSTRAK

Dalam suatu proyek konstruksi, manajemen proyek diperlukan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan proyek konstruksi. Manajemen yang baik akan memberikan  kelancaran dalam  pelaksanaan sehingga mendapatkan hasil akhir sesuai sasaran yang diharapkan. Oleh karena itu, pada proyek gedung Wisma Darul Hijrah Putera ini dibuat penjadwalan yang diharapkan dapat membantu berlangsungnya proyek.

Pada penelitian ini digunakan metode Critical Path Method (CPM) dan Presedent Diagram Method  (PDM)  untuk mendapatkna hasil indeks dari penjadwalan.Dengan menganalisis data daftar dan durasi setiap pekerjaan kemudian data dianalisis dengan metode CPM dan metode PDM menggunakan aplikasi Microsoft Project 2019  untuk mendapatkan  Network Diagram. Dengan menggunakan  Microsoft Project keuntungannya adalah dapat melakukan penjadwalan produksi secara efektif dan efisien.

Dari hasil analisis penelitian ini didapatkan penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung Wisma Darul Hijrah Putera yaitu proyek dikerjakan selama 64 bulan 26 hari dengan metode CPM yang dimulai pada tanggal 31 Agustus 2020 dan berakhir pada tanggal 26 januari 2026 serta 14 bulan 18 hari dengan metode PDM yang dimulai pada tanggal 31 Agustus 2020 dan berakhir pada tanggal 18 November 2021, perbedaan waktu yang besar disebabkan perbedaan ketentuan penggunaan konstrain pada setiap metode. Sedangkan lintasan kritis didapat pada pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah dan pondasi, pekerjaan struktur dan dinding lantai 1, pekerjaan struktur dan dinding lantai 2, pekerjaan arsitektur lantai 1, pekerjaan arsitektur lantai 2 dan  pekerjaan elektrikal pada metode CPM dan pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah dan pondasi, pekerjaan struktur dan dinding lantai 1, pekerjaan struktur dan dinding lantai 2, pekerjaan arsitektur lantai 1 dan pekerjaan arsitektur lantai 2 pada metode PDM.

Kata kunci: Critical Path Method, Presedent Diagram Method, Microsoft Project  2019.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI