DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PELAKSANAAN CUCI TANGAN 6 LANGKAH PADA PENUNGGU PASIEN DI RAWAT INAP RSD IDAMAN BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD HAFIZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


ABSTRAK

GAMBARAN PELAKSANAAN CUCI TANGAN 6 LANGKAH PADA PENUNGGU PASIEN DI RAWAT INAP RSD IDAMAN BANJARBARU

Hafiz, Muhammad

Latar belakang: Rumah sakit adalah suatu layanan yang dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang sudah ditentukan salah satu masalah dalam pelayanan adalah infeksi nosocomial, Guna meminimalisir penyebarannyaditerapkanlah kewaspadaan standar yang mana salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan 6 langkah benar yang menjadi program pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit dalam standar nasional akreditasi rumah sakit. Pentingnya melakukan cuci tangan dengan 6 langkah benar adalah untuk menurunkan risiko terkena penularan infeksi di antara pasien, staf klinis, nonklinis, dan pengunjung yang merupakan keluarga penunggu yang menjaga pasien.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat Gambaran  Pelaksanaan Cuci Tangan 6 Langkah Pada Keluarga Penunggu Pasien Rawat Inap RSD Idaman Banjarbaru.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengambilan sampel yaitupurposive sample. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang di RSD Idaman Banjarbaru. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengisi kuesioner dan observasi. Analisa data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi.

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan total dari 30 responden dari penelitian ini terdapat 13,3% yang dapat melaksanakan cuci tangan 6 langkah dengan benar, sedangkan untuk yang tidak dapat melaksanakan cuci tangan 6 langkah dengan benar terdapat 86,7%. 

Pembahasan: Untuk pelaksanaan cuci tangan 6 langkah ada terdapat faktor yang mempengaruhi dalam proses pelaksanaan termasuk yang paling berpengaruh dalam pelaksanaan adalah sumber daya dalam fasilitas pegetahuan yang dapat dipengaruhi dari pendidikan, sumber informasi yang telah dikumpulkan, pengalaman, dan usia dari si fasilitas pengetahuan. Apabila pelaksanaan cuci tangan 6 langkah seseorang dilakukan dengan benar maka akan semakin baik pelasanaan cuci tangan 6 langkah.

Kata kunci: penunggu pasien, cuci tangan, observasi, cuci tangan 6 langkah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI