DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:NUR AKBAR ADI SAPUTRO - 576
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


Upaya Peningkatan Keselamatan Pasien
di Rumah Sakit : Studi Literatur

 

Adi Saputro, Nur Akbar

Latar Belakang: Rumah sakit wajib memenuhi hak pasien memperoleh keamanan dan keselamatan selama dalam perawatan di rumah sakit untuk menghindari Near Miss (Kejadian nyaris cedera/KNC) dan Adversert Event (Kejadian tidak di harapkan/KTD). Masih tingginya kejadian dari insiden keselamatan pasien di rumah sakit ini menjadi perhatian, dikarenakan dapat mencederai pasien hingga dapat menyebabkan kematian pada pasien.

Tujuan: Upaya apa yang dapat dilakukan perawat dalam melakukan implementasi sasaran keselamatan pasien di rumah sakit untuk menurunkan angka kejadian insiden keselamatan pasien

Metode: Studi ini dilakukan dengan literature review. sepuluh literatur diidentifikasi dari empat database yaitu: Google Scholar, Garuda, Pubmed dan Science Direct dalam rentang tahun 2016-2021. Desain penelitian yang ditelaah adalah Crossectional,case control, dan Quasi Expremental dengan populasi perawat yang bekerja dirumah sakit.

Hasil: Sepuluh artikel yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini. Semua artikel dianalisis menggunakan instrumen JBI’s Critical Appraisal dan memenuhi kriteria. Hasil review dari Sepuluh artikel penelitian ini adanya terdapat beberapa upaya yang dapat dilaksanakan oleh perawat dan rumah sakit untuk meingkatkan dari keselamatan pasien.

Pembahasan: dalam penelitian ini membahas mengenai upaya yang dapat dilakukan oleh rumah sakit kepada perawat seperti  peningkatan supervisi klinis, menggunakan metode SBAR saat handover, peningkatan motivasi internal, peningkatan pemahaman obat hight alert, pelatihan sasaran keselamatan pasien, dan pelaksanaan asesmen risiko jatuh.

 

Kata Kunci: Upaya Keselamatan Pasien, Rumah Sakit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI