DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMONITORING PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI KAMPUNG BIRU KELURAHAN MELAYU KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:JIHAN SEPTIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


ABSTRAK

JIHAN SEPTIA 171041320020, 2021 “Peran Badan Keswadayaan Masyarakat dalam Memonitoring Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kampung Biru Kelurahan Melayu Kota Banjarmasin”. Dibawah Bimbingan Avela Dewi.

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) merupakan salah satu Lembaga masyarakat dengan kedudukan sebagai pimpinan kolektif dari suatu masyarakat warga di tingkat kelurahan/desa dengan peran utama sebagai dewan pengambilan keputusan. Adapun peran BKM dalam Program Kotaku di Kampung Biru Kelurahan Melayu Kota Banjarmasin yaitu sebagai penyalur aspirasi masyarakat kampung biru dan menyalurkan aspirasi tersebut ke pihak yang lebih tinggi agar harapan masyarakat dapat terealisasikan sesuai dengan yang diingikan.

Tujuan yang ingin dicapai untuk mengetahui Peran Badan Keswadayaan Masyarakat dalam Memonitoring Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kampung Biru Kelurahan Melayu Kota Banjarmasin dan Faktor-faktor apa saja yang menghambat Peran Badan Keswadayaan Masyarakat dalam Memonitoring Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kampung Biru Kelurahan Melayu Kota Banjarmasin. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mempunyai dua jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder, serta proses pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara.

Hasil penelitian diketahui bahwa peran Badan Keswadayaan Masyarakat dalam Memonitoring Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kampung Biru Kelurahan Melayu Kota Banjarmasin dilihat berdasarkan indikator peran BKM dalam memonitoring Program Kotaku yaitu 1) Ketaatan, 2) Pemeriksaan, 3) Laporan, dan 4) Penjelasan. Adapun berdasarkan hasil temuan dilapangan bahwa kurang aktif nya sebagian anggota BKM dalam melaksakan tugas pokok dan fungsinya menyebabkan kurang optimalnya peran BKM dan maysarakat kurang merasakan peran BKM di Lingkungan Kampung Biru. Kurangnya sosialisasi dari anggota BKM di lingkungan masyarakat menyebabkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam memelihara dan menjaga lingkungan agar tidak kembali kumuh.

Kata Kunci : Peran BKM, Program Kotaku

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI