DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN LKPD PADA WEBSITE RESMI PEMERINTAH PROVINSI DI INDONESIA DENGAN KOMITMEN KEPALA DAERAH SEBAGAI PEMODERASI
PENGARANG:RENY MARLIADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh (1) Tingkat Ketergantungan Pemerintah Provinsi terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Pemerintah Provinsi di Indonesia; (2) Belanja Modal terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Pemerintah Provinsi di Indonesia; (3) Tingkat Akses Internet terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Pemerintah Provinsi di Indonesia; (4) Komitmen Kepala Daerah dalam memoderasi pengaruh Tingkat Ketergantungan Pemerintah Provinsi terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Pemerintah Provinsi di Indonesia; (5) Komitmen Kepala Daerah dalam memoderasi pengaruh Belanja Modal terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Pemerintah Provinsi di Indonesia; dan (6) Komitmen Kepala Daerah dalam memoderasi pengaruh Tingkat Akses Internet terhadap Pengungkapan LKPD pada Website Pemerintah Provinsi di Indonesia.

Data penelitian diperoleh dengan cara mengakses website resmi 34 Pemerintah Provinsi dan Badan Pusat Statistik (BPS). Penelitian ini menggunakan data periode 2015-2019 sehingga total data yang diolah berjumlah 170 data. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Belanja Modal dan Tingkat Akses Internet berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Resmi Pemerintah Provinsi. Selain itu Komitmen Kepala Daerah memoderasi secara signifikan pengaruh Belanja Modal terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Resmi Pemerintah Provinsi, serta memoderasi secara signifikan pengaruh Tingkat Akses Internet terhadap Tingkat Pengungkapan LKPD pada Website Resmi Pemerintah Provinsi.

Kata Kunci:   Pengungkapan LKPD, Tingkat Ketergantungan Pemerintah Provinsi, Belanja Modal, Tingkat Akses Internet, Komitmen Kepala Daerah akan Transparansi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI