DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA MADRASAH, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DENGAN KINERJA GURU MTSN SE-KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Mahlan Annaba
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


ABSTRAK

 

Annaba, MuhammadMahlan. 2021. Hubungan Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) denganKinerja Guru MTsN se-Kota Banjarmasin. Tesis. Program Magister Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Suhaimi , S.Pd., M.Pd, (2) Prof. Dr. H. Wahyu, M.S.

 

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Situasional, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Kinerja Guru.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: Gaya Kepemimpinan Situasional, OCB, PKB, dan Kinerja Guru; Hubungan Gaya Kepemimpinan Situasional dengan  PKB; Hubungan OCB dengan  PKB; Hubungan Gaya Kepemimpinan Situasional dengan Kinerja Guru; Hubungan OCB dengan  Kinerja Guru; Hubungan PKB dengan Kinerja Guru; Hubungan tidak langsung Gaya Kepemimpinan Situasional dengan Kinerja Guru melalui PKB; Hubungan tidak langsung OCB dengan  Kinerja Guru melalui PKB.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode desskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 128 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan metode regressi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: GayaKepemimpinan Situasional,OCB  dan Kinerja Guru masuk kategori tinggi, sedangkan PKB masuk kategori sedang; Ada hubungan langsung kepemimpinan situasional denganKinerja guru.(0,995); Ada hubungan langsung OCB denganKinerja guru.(0,995); Ada hubungan langsung PKB  dengan  Kinerja guru.(0,991); Ada hubungan langsung gaya kepemimpinan situasional dengan PKB.(0,994); Ada hubungan langsung OCB dengan PKB. (0,995); Ada hubungan tidak langsung gaya kepemimpinan situasional kepala Madrasah  dengan Kinerja guru melalui PKB.(0,985); Ada hubungan tidak langsung OCB dengan Kinerja guru melalui PKB.(0,986).

Saran dalam penelitian ini, bagi kepala madrasah meningkatkan dan menerapkan gaya Kepemimpinan Situasional dengan Gaya Delegatif (mendelegasikan) dalam berinteraksi dengan guru, bagi guru meningkatkan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dari subvariabel Civic Virtue (Moral kemasyarakatan) yang penting dimiliki oleh guru dalam berperilaku, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)dilihat dari Kegiatan Publikasi Ilmiah  karya guru harus digiatkan dengan mempublikasikan sebagai bentuk kontribusi guru dan kinerja guru dilihat dari subvariabel penilaian pembelajaran perlu lebih mengoptimalkan untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI